Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar
2. Api pembakaran
yang besar dan stabil, atau biasa dikenal dengan Poin 1
3. Time”ing” atau
waktu pertemuan antara bahan bakar dan api pembakaran.
4. Kondisi
kebersihan karburator dan settingan karburator
5. Ukuran spuyer
1. Kualiatas bahan
bakar yang bagus.
Yang dimaksudkan di sini ada perpaduan yang pas antara
bensin, oli dengan oksigen,
dimana prosesnya dilaksanakan di karburator.
dalam proses pembakaran membutuhkan campuran udara (oksigen)
dengan bahan bakar (bensin).
Perbandingan yang ideal untuk keduanya, kata orang yang
ngerti, adalah 14,7 : 1.
Jika terlalu banyak oksigen (udara/angin) dan kurang bensin
dalam prosentase gas yang akan dibakar, maka hasil pembakaran tidak maksimal.
Demikian pula terlalu banyak bensin dan kurang oksigen membuat
pemakaran juga tidak akan sempurna.
Unutk takaran oli
hal ini dapat dilakukan dengan membeli cangkir takaran oli yang banyak dijual
di toko spearpart vespa. Namun jika
vespa anda sudah dilengkapi dengan pompa oli samping maka itu bukan menjadi
masalah.
2. Api pembakaran
yang besar dan stabil,
Api pembakaran
yang besar dan stabil, sangat diperlukan untuk membakar campuran gas
bahan bakar yang bagus,supaya menghasilkan pembakaran yang juga bagus.
Sekalipun cetusan api terjadinya di busi,tetapi di dalamnya
melibatkan komponen lainnya, misalnya : tutup kepala busi, kabel busi, koil,
platina atau CDI, dan sumber dayanya (spool dan magnet).
Agar api
pembakaran bagus (besar dan stabil), maka deretan komponen2 penghasil
api tersebut semuanya harus dalam kondisi prima.
Karena dari kondisi yang prima itulah akan dihasilkan api
yang bagus, dan api yang bagus itulah yang menunjang adanya pembakaran yang
sempurna.
3. Time”ing” atau
waktu pertemuan antara bahan bakar dan api pembakaran..
Maksudnya adalah waktu yang tepat untuk terjadinya proses
pembakaran.
Yaitu waktu di mana busi meletikkan bunga api dalam
kaitannya dengan posisi seher dalam mesin (ruang bakar).
Jika vespa kita memakai CDI, maka untuk sementara point 3
ini bisa diabaikan;
walaupun sebenarnya perkembangan yg sekarang CDI-pun bisa
diset untuk mengatur kapan saatnya busi akan memercikkan bunga api.
Jika vespa kita memakai platina, maka setelan waktu
pengapian yang bagus ini seringkali kita kenal juga dengan istilah poor &
na.
Imho, gabungan ketiga hal di atas inilah yang akan
menghasilkan pembakaran yang baik, pembakaran dengan efesiensi dan efektivitas
yang maksimal, sehingga dengan sendirinya setiap liter bensin juga akan
mencapai daya tempuh maksimalnya.
Mengenai oli samping memang tidak sy masukkan, karena
sekalipun oli samping juga akhirnya terbakar, namun sebenarnya tidak
berhubungan langsung dengan “sistem pembakaran” itu sendiri.
4. Kondisi
kebersihan karburator dan settingan karburator
Kita tahu bahwa dalam proses pembakaran membutuhkan campuran
udara (oksigen) dengan bahan bakar (bensin).
Campuran dengan komposisi yang tepat akan menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan gas
buangnya juga relatif bersih.
Komposisi campuran udara dan bensin tsb acapkali disebut
dengan AFR (Air Fuel Ratio).
Nah, yang sulit adalah bagaiamana menyetting karburator
supaya menghasilkan AFR 14,7.
Dan rupa2nya teknologi karburator emang sudah mentok;
mau disetting bagaimanapun juga tidak mungkin menghasilkan
AFR yang selalu sempurna.
Namun masalah itu
dapat sedikit tertolong dengan cara:
- Pelihara kebersihan karburator, termasuk kebersihan
saringan udaranya.
- Paking dari karburator ke mesin jangan ada yang bocor,
demikian pula seal setelan angin.
5. Ukuran spuyer
Pakai spuyer standar.
Atau kalo kondisi mesin/karburator sudah tidak standar,
diujicobakan memakai spuyer yang paling sesuai (dan otomatis mendekati AFR yang
seharusnya dibutuhkan).
Di beberapa thread, sy baca bagaimana para senior sudah
membagi-bagikan ilmu dunia per-spuyeran-ini.
- Setting setelan angin semaksimal yang kita bisa untu
mendapatkan AFR yang seharusnya.
Caranya nyetting setelan angin kurang lebih sbb :
Mesin dalam kondisi tidak dingin, jadi bukan dalam kondisi
baru dinyalakan pada pagi hari.
Setelan langsam (yg putarannya di atas karbu) diperbesar
sampai agak besar.
Setelan angin diputar ke kanan poll sampai menutup, kemudian
dibuka diputar ke kiri satu setengah putaran.
Mesin dihidupkan, setelan angin diputar ke kanan dan/atau ke
kiri sampai mendapatkan suara termaknyus (ada yg menyebutnya dengan suara
terbesar, ada juga yg menyebutnya dengan suara paling nyaring, atau
melengking).
Posisi tsb adalah posisi ter-ideal, dan masih bisa ditambah
ke kanan atau ke kiri sedikit sesuai dengan selera.
Setelah tercapai kondisi tsb, setelan langsam di kembalikan
ke posisi semula.
Langsam distel sekecil mungkin sehingga waktu masuk gigi 1
tidak menyentak, tetapi sekaligus juga jangan terlalu kecil sehingga langsamnya
jangan gampang mati.
demikianlah tips mengatasi vespa boros bahan bakar. Tetap semangat, tetap jaga jiwa persaudaraan dan STOP...!! JUAL VESPA KE LUAR NEGERI....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar